Mega Proyek Pelabuhan New Tanjung Priok Dipamerkan di Jerman

Mega Proyek Pelabuhan New Tanjung Priok Dipamerkan di Jerman

Hamburg -PT Pelindo II (Persero) ikut berpartisipasi dalam acara forum International Association of Ports and Harbours (IAPH) World Port Conference (WPC) yang ke-29 mulai 1-5 Juni 2015. Operator pelabuhan pelat merah ini membuka stan bersama yaitu Pelindo I, III, IV di sela-sela acara IAPH yang digelar di CCH, Radisson Blu Hotel, Hamburg.

Stan Pelindo (I, II, III, IV) di IAPH bersanding dengan stan para operator pelabuhan kelas dunia lainnya antara lain Pelabuhan Hamburg, Pelabuhan Busan, Pelabuhan Kobe, dan lain-lain.

Corporate Secretary Pelindo II Rima Novianti mengatakan stan yang ditampilkan dalam IAPH ke-29 di Hamburg merupakan stan bersama antara Pelindo I hingga IV. Namun khusus untuk Pelindo II, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menampilkan profil mega proyek Pelabuhan New Tanjung Priok atau Pelabuhan Kalibaru, Jakarta Utara, kepada para pengunjung pameran.

“Selain proyek terkini yang kita tampilkan, kita juga hadirkan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah IAPH World Ports Conference 7-12 Mei 2017,” kata Rima di Hamburg, Jerman, Selasa (2/5/2015)

Khusus untuk Pelabuhan New Tanjung Priok, proyek ini ditangani langsung oleh anak usaha Pelindo II yaitu PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI). Saat ini New Priok sebagai proyek pelabuhan terbesar di Indonesia sudah tahap finalisasi yaitu pemasangan crane untuk tahap I. Total proyek ini senilai US$ 4,7 miliar, mencakup tahap I sebesar US$ 2,47 miliar dan sisanya tahap II.

Untuk tahap I (2012-2017), proyek ini sudah dimulai percepatan pada 5 April 2012 yang mencakup area 212 hektar, dan tahap 2 (2018-2023) seluas 180 hektar sehingga totalnya mencapai 392 hektar. Tahap I yang mulai selesai akan menambah kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 4,5 juta Teus/Tahun. Saat ini kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok hanya 7,5 juta Teus.

Selain itu ditampilkan proyek pelabuhan baru yang digarap oleh PT Pelindo III (Persero) yaitu Pelabuhan Teluk Lamong, di Tanjung Perak Surabaya. Juga ada profil proyek pelabuhan yang digarap oleh PT Pelindo IV (Persero) yaitu Passanger Terminal Port of Makassar, dan proyek Pelindo I yaitu proyek baru Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara Sumatera Utara, yang digadang-gadang sebagai pelabuhan yang terbesar di Selat Malaka.

Source : www.detik.com

About the Author
Probo Krismantoro