Ahok Ingin Port Of Jakarta Terbentuk Tahun 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan perusahaan Port of Jakarta terbentuk tahun 2016 mendatang.

Beberapa perusahaan akan ikut menanam saham di perusahaan itu. Namun Pemerintah Provinsi DKI tetap menjadi pemilik saham terbesar di Port of Jakarta. “Ada beberapa perusahaan gabung. Seperti Pelindo 2 dan 3, KBN (Kawasan Berikat Nasional), dan PT Jakpro (Jakarta Propertindo). Mereka ramai-ramai bikin perusahaan baru, namanya Port of Jakarta dan target kita 2016 (Port of Jakarta terbentuk),” kata Basuki saat menutup acara Pressure Cooker reklamasi kawasan Pantura, di Balai Kota, Jumat (30/10/2015).

Nantinya perusahaan tersebut menangani pengembangan pelabuhan dan reklamasi di Utara Jakarta. Basuki menunjuk PT Jakpro sebagai pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut. Selain itu, ia juga mengajak beberapa perusahaan asing untuk berinvestasi.

Salah satunya adalah perusahaan asal Belanda, Rabo Bank. “Kalau dia mau ikutan biaya ini dan jembatan sekalian pulaunya sudah dibangun, kami beli lagi,” kata Basuki. Selain membangun pelabuhan, Port of Jakarta juga akan mereklamasi pulau. Tiga pulau yang akan direklamasi adalah pulau O, P, dan Q.

“Kami mulai desain pulau O, P, dan Q agar bisa memenuhi pelabuhan Jakarta. Makanya kami mau join bersama (perusahaan lain) membangun Port of Jakarta ini dan kami mau ada aset manajemen,” kata Basuki.

Source : www.megapolitan.kompas.com

About the Author
Theo Wibisono