Di Negeri Kangguru, Pelindo II Pamer New Priok Hingga Tol Laut

CANBERRA, PT Pelindo II (Persero) berpartisipasi dalam acara Indonesia Fair 2015 yang diselenggarakan di National Convention Centre Canberra (NCCC), Australia. Pada acara ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) operator pelabuhan ini memperkenalkan dan membawa proyek kepelabuhan hingga program nasional ‘Tol Laut’ gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita tampilkan progress Kalibaru (New Priok), terus rencana Pelabuhan Sorong sama Tol Laut Jokowi,” kata Customer Service Manager PT Pengembangan Pelabuhan Indonesia, Hambar Wiyadi, saat acara Indonesia Fair 2015 di National Convention Centre Canberra, Australia, Sabtu (14/11/2015).

Hambar menjelaskan, secara singkat konsep tol laut, yakni angkutan kapal berjadwal yang berlayar melalui 5 pelabuhan besar RI seperti Belawan, New Priok, Tanjung Perak, Makassar dan Sorong.

“Pogram pemerintah tol laut itu nantinya ada kapal besar yang singgah di pelabuhan besar. Ini program pemerintah, dari Sorong bawa barang dan distribusikan paka kapal besar ke pelabuhan besar lain. Ini bisa turunkan cost of logistic,” jelasnya

Pada pembukaan Indonesia Fair 2015 hari ini, Hambar mengaku pengunjung antusias bertanya tentang proyek Pelindo II. Sesekali, detikFinance melihat Ambar melayani pertanyaan tentang pengembangan New Priok dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang hadir di acara Indonesia Fair.

“Tadi ada yang kagum sama proyek Pelindo II,” ujarnya. Acara Indonesia Fair dibuka pukul 10.00 wib sampai 18.00 wib. Acara yang berlangsung 14-15 November 2015 diselenggarakan secara gratis. Panitia pada acara Indonesia Fair menampilkan berbagai pertunjukan seni daerah Indonesia. Selain itu, panitia membuka 43 stand yang menampilkan produk BUMN, swasta, pengrajin pakaian hingga kuliner.

Source : www.finance.detik.com

About the Author
Theo Wibisono