Pelindo II Berencana Perdalam Pelabuhan Cirebon

CIREBON, Pelindo II cabang Cirebon, Jawa Barat, berencana memperdalam pelabuhan Cirebon agar kapal yang berukuran besar bisa berlabuh, mengingat pelabuhan tersebut akan dijadikan pelabuhan Internasional dan kedalaman sekarang baru 5,5 meter.

General Manajer Pelindo II Cabang Cirebon Hudadi Soerja Djanegara, Senin, mengatakan rencana memperdalam pelabuhan merupakan satu paket dengan perluasan pelabuhan, di mana pelabuhan akan diperluas pada tahap awal hingga 50 hektare dan kedalamannya juga akan ditambah.

“Kedalam pelabuhan Cirebon sekarang sekitar 5,5 meter dan ke depan direncanakan akan lebih didalamkan lagi agar kapal-kapal yang besar bisa bersandar,” kata Hudadi. Menurutnya laut Cirebon itu landai dan jika ingin mencari kedalaman itu sampai 10 hingga 12 mill baru mendapat kedalaman dan pihaknya akan memperdalam pelabuhan dengan mengeruk.

“Kalau mau mencari kedalaman di Pelabuhan Cirebon itu sangat jauh sekitar 10 sampai 12 mill baru dalam,” ujarnya.

Dia menuturkan, jika kedalaman sekarang kapal yang bersandar baru kapal kecil yang memuat 200 kontener padahal menurut dia kapal yang ada sekarang sudah berukuran besar yaitu kapal yang memuat 9.000 hingga 10.000 kontener. “Kalau sudah dalam nanti kapal yang bersandar bisa membawa 9000 sampai 10.000 kontener,” tuturnya.

Kedalaman sangat diperlukan untuk menunjang pelabuhan ketika ingin dijadikan Pelabuhan Internasional dan sekarang ini pihak Pelindo II akan memperluas hingga 50 hektare di mana sekarang Pelabuhan tersebut baru 47 hektare. “Tahap awal perluasan mencapai 50 hektare yang akan dikerjakan tahun depan untuk itu kami berharap rencana induk pembangunan atau RIP segera selesai,” kata Hudadi.

Source : www.economy.okezone.com

About the Author
Theo Wibisono