Lino Bertekad Garap Proyek Terminal Kapal Ancol Timur

Jakarta, Direktur Utama PT Pelindo Indonesia (Pelindo) II Richard Joost Lino bertekad pihaknya bisa terlibat dalam pembangunan terminal kapal cruise dan penumpang di Ancol Timur. Itu mengingat terminal tersebut dapat mendukung pergerakan wisatawan dan penumpang kapal laut di Tanah Air.

“Tahun depan, kami berencana bangun terminal penumpang dan terminal cruise baru di Ancol Timur,” kata dia di Jakarta, pekan lalu. Menurut Lino, sebenarnya dilihat dari segi bisnis, terminal tersebut kurang menguntungkan. Namun, Pelindo II tetap berkomitmen menyediakan layanan ke pengguna jasa angkutan laut dan wisatawan.

“Terminal penumpang dan cruise tidak menguntungkan sebetulnya sehingga kami akan tambahkan dengan apartemen dan kantor Pelindo II di sana,” imbuh dia. Lino juga belum dapat memperkirakan nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun terminal tersebut.

Di sisi lain, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Bay M Hasani mengungkapkan, pemerintah berencana memindahkan terminal penumpang Priok dari yang eksisting ke wilayah Ancol Timur. Akan tetapi, PT Pelindo II tidak serta merta berhak untuk membangun dan mengelola terminal tersebut. Untuk rencana sementara ini, terminal tersebut diproyeksikan untuk dilelang.

“Yang mengembangkan belum tentu Pelindo II, tergantung nanti bagaimana skemanya karena itu baru kan? Bisa dilelang atau penunjukan langsung, tergantung nanti peran Pelindo II seperti apa? Tetapi, Pelindo II sudah tahu tentang ini, mungkin mereka akan berusaha,” kata Bay.

Source : www.beritasatu.com

About the Author
Theo Wibisono