Pelindo II Akan Gandeng Perusahaan Terbuka

Jakarta, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II RJ Lino mengisyaratkan pihaknya akan bekerja sama dengan salah satu perusahaan terbuka (listed company). Akan tetapi, Lino enggan menjelaskannya secara detail. “Ada satu lagi, tapi saya tidak bisa sebutkan karena itu listed company. Kami mau take over juga operation terminal-nya. Tapi itu kan harus diumumkan resmi,” kata Lino di Jakarta, Kamis (10/12).

Selain itu, Pelindo II akan menguasai saham secara mayoritas di dua perusahaan joint venture (JV) yang segera dibentuk bersama Pelindo I dan Pelindo IV dengan porsi kepemilikan 60:40. Dengan Pelindo I, perusahaan patungannya diberi nama PT Pelabuhan Indonesia Barat, sedangkan dengan Pelindo IV bakal dinamakan PT Pelabuhan Indonesia Timur.

Menurut Lino, pihaknya berminat untuk membentuk perusahaan patungan itu sebagai bentuk kontribusi Pelindo II dalam menyinergikan BUMN serta membangun Negeri ini. Pelindo I, III, dan IV, kata dia, telah mengalami kesulitan pendanaan, yakni tidak memiliki kemampuan lagi untuk mendapatkan pinjaman.

“Kenapa kami masuk? Karena sekarang ini Pelindo I,III, dan IV sudah tidak punya uang, jadi kemampuan untuk pinjam sudah habis. Sementara kami, hari ini saja punya Rp 18,5 triliun di bank. Dengan structure financing kami, yakni punya free risk cash flow yang US$ 288 juta per tahun, itu bisa issue sekitar Rp 55 triliun. Kami punya uang lebih dari Rp 70 triliun, dan ini kesempatan buat bantu,” kata Lino di sela seminar Indonesia’s Maritime Logistics Panel Discussion, di Jakarta, Kamis (10/12).

Source : www.beritasatu.com

About the Author
Theo Wibisono