Bunyikan Sirine, Jokowi Resmikan New Priok

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Petikemas Kalibaru, Pelabuhan Utama Tanjung Priok atau New Priok Container Terminal (NPCT) 1. Peresmian ditandai dengan cara membunyikan sirine.

Jokowi tampak didampingi Menko Maritim Luhut B Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Direktur Utama Pelindo Elvyn G Masassya. “Alhamdulillah saat ini sudah selesai terminal petikemas yang pertama,” ungkap Jokowi saat peresmian di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Terrminal ini memiliki luas lahan kurang lebih 32 hektar (Ha) dan kapasitas sebesar 1,5 juta TEUs per tahun. Total panjang dermaga 450 meter saat ini (850 meter pada akhir 2016) dan kedalaman -14 meter LWS (akan dikeruk secara bertahap hingga -20 meter LWS). Terminal diproyeksikan untuk dapat melayani kapal petikemas dengan kapasitas I3.000-15.000 TEUs dengan bobot di atas 150.000 DWT.

Peningkatan kapasitas pelabuhan penting untuk mengantisipasi pertumbuhan arus petikemas dan kargo Pelabuhan Tanjung Priok. Kapasitas penanganan petikemas Pelabuhan Tanjung Priok yang semula berkisar 5 juta TEUs tahun pada tahun 2009-2010, ditanggulangi dalam jangka pendek dengan melakukan konfigurasi terminal, penambahan peralatan dan penataan pola operasi menjadi 7 juta TEUs/tahun.

Dalam jangka panjang, kapasitas total Pelabuhan Tanjung Priok akan bertambah sebesar 11,5 juta TEUs/tahun setelah keseluruhan Terminal Kalibaru selesai.

Source : www.finanace.detik.com

About the Author
Theo Wibisono