Pelindo II Berminat Jadi Operator Pelabuhan Patimban

Bandung – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berminat menjadi operator Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat. Saat ini Pelindo II masih menunggu kepastian pemerintah terkait siapa yang akan menggarap proyek tersebut.

“Kami masih fokus pada bagian kita. Kami mengharapkan kita dapat bagian jadi operator di sana,” Direktur Teknik dan Manajemen Resiko Pelindo II, Dani Rusli Utama, di Hotel Hilton, Jumat malam (3/2/2017).

Ia mengatakan Pelindo II masih menunggu keputusan pemerintah untuk menunjuk operator pelabuhan. Ia mengharapkan segera mendapat kepastian karena Pelabuhan Patimban oleh pemerintah ditargetkan mulai tahun 2017 dan rampung pada 2019.

Dani mengatakan, jika Pelindo II yang terpilih sebagai operator maka dapat memulai proses penyiapan infrastruktur pelabuhan dengan cepat untuk mengejar target tersebut.”Karena ada pemerintah kita dukung merealisasikan basic infrastrukturnya karena kalau sudah ada (penunjukan) kami ajukan sejak awal,” terang Dani.

Sebelumnya, Dirut Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan Pelindo II akan memberikan dukungan kepada pemerintah untuk pembangunan dan pengolaan pelabuhan Patimban.

“IPC sebagai badan usaha menyiapkan dana kelola sesuai dengan aturan sekitar Rp 2 triliun dengan total kepemilikan saham 51%,” ujar Elvyn.

Sebelumnya persiapan pembangunan Pelabuhan Patimban sedang berjalan. Rencananya, proyek ini akan digarap pihak Jepang dan swasta Indonesia dengan membentuk perusahaan patungan.

Source : www.finance.detik.com