Incar Dana Rp 2,5 Triliun, Anak Usaha Pelindo II IPO Oktober

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) berencana menawarkan saham perdana (IPO/Initial Public Offering) salah satu anak usahanya, Jasa Armada Indonesia (JAI) pada tahun 2017. Pelindo II mengincar dana segar Rp 2,5 triliun dari IPO tersebut.

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G Masassya mengatakan sebenarnya akan meng-IPO kan 3 anak usahanya, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Jasa Armada Indonesia (JAI). Namun, dari 3 anak usaha itu, yang paling siap di IPO-kan adalah JAI.

“Kita sebenarnya rencanakan 3 perusahaan untuk IPO, tapi dari 3 ini, kita fokuskan satu dulu yang betul-betul listing di tahun ini adalah JAI,” kata Elvyn, di Hotel Hilton, Bandung, Jumat (3/2/2017). Dari tiap 3 anak usaha yang akan dilepas sahamnya, Pelindo II akan melepas saham 30%. Total dari IPO 3 anak usaha itu diperkirakan mendapatkan dana Rp 4 triliun-Rp 5 triliun, sedangkan IPO dari JAI saja IPC mengincar dana Rp 2-2,5 triliun.

“JAI kita expect sekitar Rp 2 triliun sampai Rp 2,5 triliun dari 30 persen saham,” kata Elvyn. Ia memproyeksikan JAI paling lambat akan melantai di bursa pada Oktober 2017. Sementara 2 anak usaha lainnya diperkirakan pada tahun 2017 atau 2018.

“Kita proyeksikan paling lambat Oktober 2017, yang 2 lagi kalau tidak bisa 2017, 2018 karena kita harus fokus, harus punya market, yang bisa kita pastikan secara serius adalah JAI,” imbuhnya.

Sementara itu, saat ini dia belum menunjuk perusahaan underwritting atau penjamin emisi. Sementara itu, Direktur Pengelolaan Anak Perusahaan, Riri Syeried Jetta, mengatakan alasan IPO ini untuk meningkatkan kinerja anak usaha karena dengan terbukanya pengelolaan maka akan akan seiring peningkatan kinerja juga.

“Saya rasa wajar ya kalau misalnya sudah bagus nanti akan me-listed salah satu anak usaha IPC tahun ini insya Allah akan me-listed kan salah satu anak perusahaannya yang sudah berkinerja baik. Kenapa karena dia akan menjadi transparan, pengelolaan akan dikelola secara jelas terbuka dan survei mengatakan kalau dia dikelola secara baik maka dia kinerjanya akan naik terus,” ujar Riri.

Source : www.finance.detik.com