Kapal Kargo Raksasa Bakal Merapat Lagi di Tanjung Priok

Jakarta – PT Pelindo II akan menambah kedalaman kolam dermaga di Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga kapal-kapal kargo raksasa ukuran 8.500 TEUs ke atas bisa bersandar. Saat ini kolam dermaga di Tanjung Priok mencapai minus 14 meter LWS (Low Water Spring)

“Insya Allah, dalam beberapa bulan ke depan, kedalaman kolam akan ditingkatkan lagi dari minus 14 meter, jadi minus 16 meter LWS. Dalam kondisi kedalaman minus 16 tersebut, dimungkinkan kapal-kapal lebih besar mendatangi Tanjung Priok,” kata Direktur Komersial & Pengembangan Usaha Pelindo II, Saptono R Irianto dalam acara Buka Puasa bersama media di Hermitage Hotel, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

“Sehingga Priok nanti bisa dikatakan pelabuhan transhipment dengan berdatangannya mother vessel yang bisa menampung muatan lebih dari 8.500 TEUs. Ini akan berlangsung dalam dua tiga bulan ke depan,” lanjut Saptono.

Meski belum bisa menyebutkan kapal raksasa mana yang nantinya akan berlabuh, namun ia memastikan pembicaraan sudah dilakukan. 

Sebelumnya kapal besar ukuran 8.500 TEUs datang dan melayari rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat (direct call). Bekerjasama dengan perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d’Affretement Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) kapal ini memiliki weekly call atau sandar mingguan dan membuka service baru yang diberi nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services.

Kedatangan kapal ini membuktikan upaya Pelindo II melakukan penyempurnaan jasa pelayanan kepelabuhanan baik dari sistem, fasilitas maupun infrastruktur, telah mampu menjadikan IPC berkompetisi dengan pelabuhan besar lainnya. 

“Kita berharap kehadiran kapal besar ini dapat menjadi pemicu hadirnya kapal-kapal besar Iainnya untuk singgah di Tanjung Priok sehingga dapat memenuhi harapan Pemerintah yaitu menjadikan Tanjung Priok sebagai pelabuhan besar di kawasan Asia,” pungkas Saptono. (hns/hns)

Source : www.finance.detik.com