SENYUM RAMADHAN- HAPPY FOR ALL PT PPI & RUMAH ZAKAT - 29 JUNI 2016

SAHABAT BERBAGI HARAPAN, Berbagi Ceria, Cita & Cerita

Ramadhan merupakan momen dimana umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Selain bepuasa makan dan minum, Ramadhan  juga menjadi momen dimana kesabaran seseorang diuji dan umat muslim diajak untuk bisa saling berbagi. Tanpa melakukan sedekah maka bulan Ramadhan tidak terada lengkap.

Momen bulan Ramadhan 1437 Hijriah inipun juga  dimanfaatkan oleh para pekerja PT Pengembang Pelabuhan Indonesia mengadakan berbagai kegiatan guna memperbanyak amalan positif selama di bulan penuh berkah ini.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh pekerja PT PPI diantaranya: Weekly Religi yang diadakan  setiap hari Kamis, mulai 12.30-13.30 WIB berlangsung di Ruang Meeting “Making The Things Happen” dan diikuti oleh seluruh pekerja di lingkungan PT PPI yang diisi dengan ceramah keagamaan seperti: Ustadz H. Abdurachman Maulana dengan tema Tata Cara Sholat Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW, Ustadz Jalaludin S.Pd.I dan Ustadz H. Muhammad Nur Tondo, M.Ag dari Lembaga Kajian Al-Qur’an yang mengambil tema Keutamaan Membaca Al-Qur’an dan Ustadz Isqowi dari Dompet Dhuafa dengan tema Keutamaan Zakat dan Sedekah serta KH. Ade Purnama dari Lembaga Pembinaan Umat dengan tema yang dibawakan Keunggulan 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan.

Kegiatan lainnya seperti: Jilbab dan Koko Day yang dilakukan setiap Jum’at selama Ramadhan dimana para karyawan PT PPI mengenakan baju koko dan para karyawati mengenakan jilbab serta Genta Al-Qur’an yang merupakan kegiatan pengajian membaca Al-Qur’an yang dilakukan karyawati PT PPI pada jam istirahat siang setiap Jum’at di Musholla Kantor PT PPI.

Kepedulian Sosial.

Sikap saling berbagi di bulan Ramadhan telah menjadi kebiasan bagi umat muslim.  Dengan berbagi diajarkan untuk memiliki rasa empati dan peduli terhadap sesama.

Kegiatan kepedulian sosial yang dilakukan oleh PT PPI selama bulan Ramadhan diantara: mengadakan acara berbuka dengan stakeholder di Lingkungan PT PPI yang dilaksanakan pada Rabu, 22 Juni 2016, sekaligus pemberian Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang terkumpul  dari karyawan PT PPI sebesar Rp. 120 Juta yang diberikan kepada 3 badan amil zakat yakni: Dompet Dhuafa, Bazis Pemkot Jakarta Utara dan Rumah Zakat masing-masing menerima ZIS sebesar Rp, 40 Juta.

Disamping itu, manajemen PT PPI  melaksanakan pemberian Paket THR Sembako Gratis kepada 820 Kepala Keluarga warga Kalibaru-Jakarta Utara yang dilaksanakan pada Selasa, 28 Juni 2016, bertempat di Kantor RW- 10, Kelurahan Kalibaru  dengan total nilai mencapai lebih dari Rp. 120 juta.

Bentuk kegiatan kepedulian sosial lainnya yang dilakukan oleh pekerja PT PPI selama bulan Ramadhan tahun ini, berupa kegiatan “Sedekah Ramadhan” bekerja sama dengan Rumah Zakat melalui Program “Senyum Ramadhan, Happy for All” yang dilaksanakan pada 29 Juni 2016, bertempat di Masjid Nurul Dholam, RW 010, Kelurahan Pedemangan. Kegiatan “Happy for All” ini memberikan 111 buah bingkisan lebaran keluarga berupa perlengkapan ibadah dan bahan pokok bagi keluarga yang kurang mampu.

Di akhir Ramadhan 1437 Hijriah, tepatnya Kamis, 30 Juni 2016, bertempat di Masjid Nurul Jihad, RW 08, Kelurahan Kalibaru-Jakarta Utara, PT PPI bekerja sama dengan Dompet Dhuafa menggelar Acara “Sahabat Berbagi Harapan, Berbagi Ceria, Cita & Cerita” melalui kegiatan EduFun, Dongeng Harapan, Ruang Inspirasi dan Parsel Ceria dengan memberikan 110 Paket Bingkisan untuk anak-anak dan keluarga di sekitar Kalibaru.

Selain pemberian paket bingkisan juga dilakukan beberapa permainan seperti: EduFun berupa menghibur anak-anak dengan permainan yang edukatif. Diharapkan melalui EduFun ini, anak-anak dapat memahami bahwa banyak orang-orang sekitar yang akan mendukung mimpi mereka.

Dilanjutkan dengan kegiatan “Dongeng Harapan” dan “Ruang Inspirasi” dengan menghadirkan “Kakak-Kakak Inspirator” yang berbagi cerita dan pengalaman seputar profesi mereka. Diharapkan melalui konten dongengan atau cerita yang inspiratif kepada anak-anak di sekitar Kalibaru akan lebih termotovasi dan bersemangat untuk meraih cita-citanya.

Manajemen PT PPI berharap melalui gerakan kepedulian di Bulan Ramadhan 1437 H tahun ini, mampu memberikan dampak positif bagi karyawan PT PPI  agar memiliki rasa empati dan peduli terhadap sesama umat muslim yang kurang beruntung.

Disamping kegiatan ini juga dapat memberikan nilai-nilai positif bagi anak-anak di sekitar Kalibaru untuk jangan takut bermimpi yang pada akhirnya akan melahirkan generasi-generasi muda yang memiliki semangat dan motivasi tinggi guna meraih mimpi dan cita-citanya.