Cegah Penyebaran Covid-19, PPI Gelar Rapid Test bagi Seluruh Pekerja

Jakarta,  5 Mei 2020 – Guna mencegah penyebaran Covid-19, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI) menggelar Rapid Test bagi pekerja. Rapid Test ini dilakukan sebanyak dua kali agar mendapatkan hasil yang akurat dengan jeda waktu 7 hari dari test pertama pada tanggal 28 April 2020 dan tes kedua pada 5 Mei 2020.

Sebanyak 80 pekerja PPI, baik yang berada di kantor pusat PPI di Jakarta maupun di lokasi proyek pembangunan Terminal Kijing, Pontianak, Kalimantan Barat telah melakukan rapid test. Rapid Test Covid-19 adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi seseorang, yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh apabila terdapat paparan Virus Corona (Covid-19).

Bagi pekerja PPI yang mendapatkan hasil reaktif pada Rapid test tersebut, diarahkan untuk melakukan tes lanjutan berupa tes darah, rontgen thorax dan Swab test sebagai langkah konfirmasi diagnosis Covid-19 sekaligus menjalankan isolasi mandiri. Sedangkan bagi pekerja yang non reaktif dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 seperti pemakaian masker, physical distancing dan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer atau menggunakan sabun.

Program Rapid Test Covid-19 ini merupakan bagian dari upaya PPI untuk melindungi seluruh pekerja dalam mendeteksi  dan mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.