Direktur Utama PPI dampingi Direktur Utama IPC dalam Kunjungan Proyek Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

Jakarta, 6 Agustus 2020 – Direktur Utama PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI) Bapak Mulyadi bersama Direktur Teknik Bapak Eko Afrilianto mendampingi Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC Bapak Arif Suhartono dalam kunjungan proyek ke Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak.

Pembangunan dan Pengoperasian Terminal Kijing ini merupakan salah satu program pemerintah untuk percepatan infrastruktur nasional yang tertuang dalam Peraturan Preseiden Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dalam hal ini IPC mendapat penugasan dari Pemerintah untuk melaksanakan Pekerjaan Pembangunan dan Pengoperasian Terminal Kijing tersebut.

Dalam mengimplementasikan proyek, IPC bekerja sama dengan PPI yang bertindak sebagai pelaksana dalam manajemen dan implementasi proyek. Kerjasama tersebut tertuang dalam Perjanjian antara IPC dengan PPI tentang Kerjasama Pembangunan dan Pengembangan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Kalimantan Barat. Tujuan dari Perjanjian Kerjasama tersebut adalah agar terselenggaranya proses Pekerjaan Pembangunan dan Pengembangan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kalimantan Barat secara optimal sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Progres Pembangunan tahap pertama Terminal Kijing hingga 6 Agustus 2020 telah mencapai 60,15%. Pekerjaan pembangunan tersebut meliputi pembangunan dermaga, trestle (jalan penghubungi antara area darat dan terminal), pengerasan tanah area darat, pembangunan gedung kantor serta pembangunan pendukung lainnya. Nantinya, Terminal Kijing juga akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus dan diharapkan akan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.