PPI Gelar Rapid Test Gratis bagi ODHA dan Mantan Pengguna Narkoba

Jakarta, 26 Juni 2020 – PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI) menggelar rapid test gratis bagi ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) dan mantan pengguna narkoba sebanyak 200 orang. PPI bekerja sama dengan Yayasan Karitas Sani Madani (Karisma), yayasan yang menaungi ODHA dan mantan pengguna narkoba yang telah menjalani rehabilitasi, melaksanakan rapid test dan swab test pada 26 Juni 2020 bertempat di kantor Yayasan Karisma di Jakarta Timur.

Rapid Test ini dilanjutkan dengan Swab test apabila hasil rapid test peserta menunjukkan reaktif Covid-19. Sedangkan bagi peserta yang non reaktif dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 seperti pemakaian masker, physical distancing dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Kegiatan rapid test gratis ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di pilar kesehatan. Selama kurun waktu tiga tahun terakhir, PPI secara konsisten melaksanakan program kampanye narkoba dan HIV/AIDS di wilayah Jakarta. Selama periode 2018 – 2019, PPI telah melaksanakan kegiatan ‘Kampanye Kesadaran Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS’ di 10 sekolah tingkat SMP dan SMA di Jakarta.

Corporate Secretary & Stakeholder Relation PT PPI Dini Endiyani yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan, “Tahun ini, dikarenakan kondisi pandemik Covid-19, PPI mengalihkan program CSR di bidang kesehatan untuk pelaksanaan rapid test bagi ODHA dan mantan pengguna narkoba. Kami memfokuskan pada kedua segmen ini karena ODHA memiliki imunitas tubuh yang rendah, sedangkan mantan pengguna narkoba biasanya rentan pada sistem pernafasan dan fungsi paru-paru mereka. Kami berharap rapid test ini dapat memberikan kesadaran bagi semua kalangan untuk tetap waspada dan selalu menjalankan protokol kesehatan selama masa pandemik.”