PT Pengembang Pelabuhan Indonesia Peroleh Peringkat AAA dari Fitch Ratings

Jakarta, 23 Agustus 2019 –PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI) memperoleh peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AAA(idn) dengan outlook stabil. Peringkat ini  ditetapkan oleh lembaga pemeringkat global Fitch Ratings.

Fitch memandang PPI dan pemegang saham pengendali yaitu PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (“Pelindo II”, ‘BBB/Stable’) tergolong kuat berdasarkan kriteria Parent and Subsidiary Rating Linkage. Penilaian yang kuat mencerminkan 100% kepemilikan Pelindo II dalam PPI, hubungan operasional antara Pelindo II dan PPI, dan ikatan hukum yang kuat yang dipengaruhi oleh klausa cross default di dalam dokumen obligasi Pelindo II.

PPI diakui sebagai salah satu anak perusahaan yang material dari Pelindo II karena pendapatan PPI saat ini adalah sebesar 7% dari total pendapatan konsolidasi Pelindo II. Secara keseluruhan, Fitch menilai kelayakan kredit PPI berada pada ‘AAA(idn)’, disamakan dengan profil kredit Pelindo II.

Profil kredit standalone PPI berada pada ‘aa+(idn)’ mencerminkan posisinya sebagai bagian dari pelabuhan utama untuk Jakarta dan Jawa Barat dan perjanjian kontraktual yang protektif dengan model bisnis sewa jangka panjang dengan PT New Priok Container Terminal 1.

Peringkat nasional di kategori ‘AAA’ menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala peringkat nasional untuk Indonesia. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi resiko gagal bayar yang terendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia.